Kuliah Umum Lora Connectivity

Kuliah Umum Lora Connectivity

Program Studi S-1 Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara menggelar Kuliah Umum dengan tema materi “LoRa Connectivity” pada Rabu, 19 Oktober 2022 via online platform (ZOOM). Pada kuliah umum ini mengundang Ibu Sri Dwi Ningsih, seorang Senior Account Manager Witel Medan dengan berbagai prestasi dan produk inovasi yang telah berhasil diciptakan. Kuliah umum ini juga dipandu oleh Ibu Hayatunnufus, S.Kom, M.Cs. Selaku moderator.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan inovasi dalam mengembangkan platform Internet of Things (IoT) di Indonesia. Hal ini pun dilakukan melalui dua lini, yaitu konektivitas Long Range Wide Area Network (LoRaWAN) dan platform IoT Antares.

LoRa sendiri merupakan sistem komunikasi nirkabel untuk IoT yang menawarkan komunikasi secara jarak jauh dan berdaya rendah. LoRa yang hemat dalam penggunaan daya ini disebabkan oleh model komunikasi asinkronus, yang berarti suatu node hanya akan melakukan komunikasi apabila ada daya yang akan dikirimkan.

Kuliah Umum yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa S-1 Ilmu Komputer USU ini diawali dengan sambutan oleh moderator, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh nara sumber. Materi tersebut meliputi pengetahuan tentang LoRa Connectivity, keunggulan dari LoRa Connectivity, produk LoRa Connectivity, pentingnya diskusi untuk dapat lebih mengenal dan memahami tentang LoRa Connectivity produk inovatif, dan cara mengembangkan ide sederhana untuk menciptakan produk inovasi yang unggul. Usai pemaparan, diadakan sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan dari para peserta terkait materi.

Dengan terselenggaranya kuliah umum ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi dosen dan mahasiswa S-1 Ilmu Komputer USU mengenai LoRa Connectivity, bagaimana cara kerja, termasuk bagaimana mengembangkan ide sederhana menjadi sesuatu yang bermanfaat yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas.

Kuliah Umum ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mendorong para dosen dan mahasiswa S-1 Ilmu Komputer USU untuk dapat meningkatkan hasil-hasil penelitiannya menjadi produk inovasi yang unggul dan bermanfaat.