Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Mahasiswa S-1 Ilmu Komputer USU Lolos PIMNAS ke-35 Tahun 2022

Print
Berita
Hits: 481

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Mahasiswa S-1 Ilmu Komputer USU Lolos PIMNAS ke-35 Tahun 2022

 

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) S-1 Ilmu Komputer Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS) ke-35 Tahun 2022. Pengumuman ini disampaikan melalui surat edaran oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi pada Kamis (26/5/2022). Kegiatan PIMNAS merupakan rangkaian dari tahapan evaluasi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) tahun 2022 secara daring.

Tim yang merupakan wakil USU tersebut yaitu tim dari Prodi S-1 Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi dengan produk Aplikasi Literaku. Tim ini diketuai oleh Khairul Imam dengan anggota Fitri Aulia Fadillah Nasution, Muhammad Ghozali, Eric Martin, Farhan Doli Fadhiil Siagian dan Dosen Pendamping Dr. Amalia, ST., M.T.

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan ajang kreativitas mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan di bawah koordinasi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. PKM diselenggarakan setiap tahun sejak tahun 1988 sebagai upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa.

PKM secara umum bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila, serta memandu mahasiswa menjadi pribadi yang:

1. Tahu dan taat aturan;

2. Kreatif dan inovatif;

3. Objektif dan kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Produk Tim ini yaitu aplikasi Literaku yang merupakan solusi dalam mengatasi masalah keterbatasan akses literasi para tunanetra dan mengubah sumber utama literasi mereka menjadi lebih efisien menggunakan navigasi suara dengan implementasi Google Cloud APIs. Permasalahan tersebut berdasarkan banyak hasil studi literatur dan penemuan di SLB-A YAPENTRA Kec. Tj. Morawa, Sumatera Utara.

Aplikasi Literaku saat ini sudah mencapai pada produk fungsional, artinya sudah melewati tahap prototipe. Sehingga, aplikasi Literaku saat ini sudah dapat diunduh di Play Store.

Tim ini juga telah memiliki website, yaitu Literaku.org dan Instagram dengan akun @literakuusu

Selamat dan sukses bagi tim yang berhasil lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa, semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa USU.